Senin, 02 Maret 2009

Belajar Ms Access

Cukup banyak juga orang yang ingin belajar Ms Access. Situs kami cukup sering dikunjungi oleh mereka yang ingin belajar Ms Access. Tadinya kami membuat artikel dan contoh contoh Ms Access dalam bahasa Inggris. Tetapi setelah melihat pengunjung situs kami hampir 90% dari Indonesia. Selebihnya yang persentasinya cukup besar juga dari Malaysia, mungkin karena bahasanya hampir sama. Maka kami akan fokuskan artikel atau contoh Ms Access dengan menggunakan bahasa Indonesia, dilain kesempatan.

Masih ada beberapa artikel dalam bahasa Inggris yang belum diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu tentang arsitektur. Mungkin lain kali nanti kami akan buat terjemahkannya karena topik arsitektur ini menurut kami sangat penting. Arsitektur aplikasi akan membuat seseorang merubah aplikasi hanya dalam hitungan hari atau bulan. Dengan memecah mecah komponen komponen aplikasi menjadi kelompok kelompok menurut fungsinya akan membuat perbaikan aplikasi dapat dilakukan dengan cepat. Bagi yang bingung arti atau definisi arsitektur, jangan terlalu dipikirkan atau didefinisikan terlalu ilmiah. Secara sederhana arti arsitektur adalah meletakan sesuatu pada tempatnya. Bayangkan skenario arsitektur pada rumah, bagaimana kalau menempatkan dapur, ruang makan, tempat tidur dan WC jadi satu. Tentu tidak tepat.

Jika ingin belajar Ms Access, perlu kiranya membagi pembelajaran itu menjadi:A. Teori desain database, relational database.
Tentu saja teori database ini penting karena nama aplikasinya saja Ms Access database.�
B. User Interface Design. (Form)
C. Visual Basic Application (VBA)
D. Tentu saja UI dan perintah perintah dari aplikasi Ms Access.

Untuk mempelajari teori desain database dengan benar juga memerlukan waktu. Pengalaman tentu saja mempunyai pengaruh besar. Di perusahaan besar, desainer database dilakukan oleh seorang atau beberapa orang yang khusus melakukan itu. Ada satu buku yang baik untuk dipelajari oleh pemula namun sayangnya tidak ada terjemahannya kedalam bahasa Indonesia. Buku itu judulnya : Database Design for Mere Mortal. Pengarangnya Michael J Hernandez dan penerbitnya Addison Wesley.

Untuk UI design buku yang baik adalah: About face. Pengarang dan penerbitnya lupa- lagi males cari cari bukunya. Dan sayangnya juga ini dalam bahasa Inggris.

Untuk VBA tentu saja Developer hand book adalah yang sangat dianjurkan dibaca. Sayangnya juga ini dalam bahasa Inggris. Jadi kesimpulannya karena hampir semua buku buku baik yang menguraikan tentang subjek itu ada dalam bahasa Inggris maka paling tidak seseorang yang ingin belajar menjadi programmer harus bisa bahasa Inggris, paling tidak bisa mengerti tulisan dalam bahasa itu.

Ada beberapa orang yang mencari kelemahan Ms Access di situs kami. Bagi saya VBA ini adalah kelemahan dari Ms Access, tentu saja jika dibandingkan dengan VB.NET. Namun untuk pemula saya rasa VBA sudah cukup baik dan bisa untuk membuat aplikasi aplikasi yang berguna.

Untuk tingkat lanjut mungkin subjek dibawah ini dapat dipelajari

A. Arsitektur, yaitu dengan memecah aplikasi menjadi beberapa fungsi yang berhubungan.
B. Objek Oriented Programming.

Arsitektur walaupun definisi saya sengaja dimudahkan, dalam penerapannya adalah yang tersulit. Bagaimana kita merancang arsitektur yang fleksibel sehingga memudahkan dalam perbaikan perbaikan aplikasi. Dan kadang kadang setelah aplikasi selesai, baru ketahuan ternyata arsitektur yang kita bayangkan sudah baik masih harus diperbaiki lagi. Namun kesalahan ini bukan terjadi pada perusahaan kecil saja tetapi juga terjadi pada perusahaan perusahaan software raksasa.

Penerapan OOP di Ms Access membutuhkan waktu yang lama karena kami tidak menemukan satupun buku yang menyinggung ini sehingga harus dilakukan coba coba, Trial and Error. Ternyata setelah belajar OOP untuk penerapan Ms Access, menjadi lebih mudah ketika belajar OOP untuk teknologi NET. Tentu saja OOP Net jauh lebih rumit dan canggih.

Tulisan ini dibuat dalam waktu yang singkat sehingga mungkin pembahasannya tidak mendetail dan baik. Namun mudah mudahan ini sedikit memberi informasi bagi yang ingin mencari cari informasi belajar Ms Access.

Bagi yang ingin memberikan komentar, tanggapan atau pertanyaan, dipersilahkan. Namun perlu diingat bahwa kami juga masih belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar